Friday, May 13, 2016

Sejarah Keyboard Komputer

KISAH KEHIDUPAN

Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol yang digunakan untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol lainya pada komputer. Keyboard yang dalam bahasa indonesianya bearti papan tombol jari atau papan tombol/ papan tuts.





Bentuk keyboard umumnya berbentuk persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat bervariatif sekali.

Keyboard diciptakan sebagai satuan pada unit komputer yang mengikuti bentuk penciptaan mesin ketik. Keyboard pertama diciptakan tahun 1860 oleh Sholes dan Dunsmore.

Pada tahun 1873, Design keyboard yang pertama kali mengalami perubahan urutan. Perubahan urutan ini dipatenkan oleh Remington dan disempurnakan kembali menjadi tertata rapi dengan model yang bernama model QWERTY.

Seiring perkembangan jaman, bermunculan bentuk dan jenis baru yang lebih efisien dan mudah digunakan.

Keyboard DVORAK dibuat oleh August Dvborak pada tahun 1936, tapi keyboard jenis ini tidak banyak terlihat.

Keyboard KLOCKENBERG dibuat dengan bentuk yang unik, dengan tujuan menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada sebelumnya. Bagian kiri dan kanan keyboard ini dipisahkan oleh sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah.

Keyboard MALTRON dibuat agak cekung kedalam, Diciptakan oleh produsen Maltron dengan pertimbangan bahwa hanya menggunakan 8 jari dan bukan 10 jari.

Keyboard CHORD hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan satu huruf saja harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Kecepatan pengetikan keyboard ini termasuk tinggi tetapi kurang populer.
Ada beberapa jenis keyboard ini seperti :
1. Keyboard Palantype
Tata letak keyboard ini terdiri dari  3 kelompok karakter. Kelompok pada kiri menunjukkan konsonan awal sebuah kata, bagian tengah menunjukkan kelompok vokal, dan bagian kanan menunjukkan kelompok konsonan terakhir dari sebuah kata atau suku kata.

2. Keyboard Steno
Steno sering dipakai untuk mencatat ucapan orang, paling sering digunakan oleh para wartawan untuk mencatat hasil wawancaranya.

3. Keyboard Alphabetik
Tombol-tombol yang ada pada keyboard alphabetik ini disusun persis menyerupai tata letak QWERTY maupun DVORAK, tetapi susunan hurufnya disusun berurutan seperti urutan alphabet. Keyboard jenis ini biasanya ditemukan pada mainan anak-anak. Hasil pengujian menyatakaan bahwa penggunaan tata letak seperti pada keyboard ini sangat memperlambat proses pengetikan.

4. Keyboard Numeric
Dipergunakan untuk memasukkan bilangan dalam jumlah besar. Banyak orang lebih suka menggunakan tombol numerik karena letak tata tombolnya dapat dijangkau dengan tangan.

Semoga bermanfaat bagi anda, ditunggu komentarnya. Terima kasih sudah membaca artiukel ini.

Baca juga : Merancang Kemenangan Game Poker Online








0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net