Wednesday, May 11, 2016

Sejarah Handphone dan Perkembangannya

KISAH KEHIDUPAN


Telepon genggam/ handphone/ telepon seluler adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang memiliki kemampuan dasar sama seperti telepon konvensional, tetapi memiliki kelebihan dapat dibawa kemana-mana (portable) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon dengan menggunakan kabel.

Handphone


Cikal bakal penemuan sistem telepon genggam yang pertama adalah ditemukan oleh Martin Cooper. Dia adalah seorang pekerja di pabrikan Motorola, yang menemukan sistem in pada tgl 03 April 1973.
Walaupun sering disebut bahwa sebuah tim dari salah satu divisi tempatnya bekerja diklaim menemukan model pertama dari telepon genggam yang disebut dengan DynaTac.


Perkembangan telepon seluler adalah sebagai berikut :

1. Generasi awal

Sejarah awal penemuan telepon seluler tidak lepas dari perkembangan radio. Awal penemuan telepon seluler ini dimulai dari tahun 1921. Pada saat itu, kepolisian Detroit Michigan mencoba menggunakan telepon mobil satu arah, kemudian pada tahun 1928 mereka mulai menggunakan radio komunikasi pada semua mobil patroli dengan frekuensi 2MHz. Perkembangan selanjutnya adalah radio komunikasi berubah menjadi dua arah dengan sebutan FREQUENCY MODULATED (FM).

Generasi awal ini diakhiri dengan penemuan konsep modern oleh ahli dari Bell Labs pada tahun 1947. Konsep penggunaan telepon yang mereka temukan baru dikembangkan pada tahun 1960-an adalah dasar telepon seluler

2. Generasi 1

Telepon genggam generasi pertama (1G) ditemukan oleh Martin Cooper pada tahnun 1973. Penemuan ini mengubah dunia untuk selamanya. Telepon seluler yang ditemukan oleh Martin Cooper hanya memiliki berat sekitae 800 Gram. 


3. Generasi 2

Generasi kedua ini muncul pada sekitar tahun 1990-an. Penggunaan teknologi GSM dan CDMA pun sudah ada di Amerika dan Eropa. Sinyal analog pada generasi pertama pun berganti menjadi sinyal digital.. 

Selain itu, generasi ini memiliki keunggulan seperti ukuran dan berat yang lebih kecil, sinyal radio yang lebih rendah/ efek radiasi yang lebih rendah dan tentunya lebih ringan.

4. Generasi 3 

Generasi ini lebih terkenal dengan 3G yang memungkinkan operator jaringan untuk memberikan pengguna jangkauan yang lebih luas. Internet terbaik dan video call adalah kelebihan dari generasi ini.

Di 3G dikenal istilah seperti EDGE, Wideband-CDMA dan CDMA adalah standarnya. Sistem operasi seperti seperti Symbian, Android dan Windows Mobile sudah dimasukkan dalam telepon genggam generasi ini.

5. Generasi 4

Generasi ke 4 yaitu 4G adalah generasi terbaru yang sangat terkenal pada saat sekarang ini. 4G merupakan sistem terbaru yang mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada sebelumnya seperti wireless broadband dll. 4G juga memberikan penggunanya pelayanan pengiriman data tercepat yang bertujuan mengakomodasi berbagai macam aplikasi multimedia seperti online game, video conference, dan lasin sebagainya


Semoga artikel ini bermanfaat :) Ditunggu komentarnya dan terima kasih sudah membaca.

0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net