Wednesday, October 12, 2016

10 Misteri Padang Pasir (1)

CERITA KEHIDUPAN



Padang gurun adalah sebuah hamparan tanah yang luas. Didalamnya banyak sekali misteri-misteri yang tersembunyi baik itu misteri alam ataupun buatan manusia itu sendiri. Kota mati tanpa sejarah, artifak anomali, monumen yang menggambarkan pengetahuan kuni yang canggih dan ledakan dari ruang angkasa merupakan teka teki yang masih sedang coba dipecahkan oleh para peneliti.

Berikut ini adalah 10 misteri padang pasir yang belum terpecahkan, yakni :

1. Kaca Gurun


Berdasarkan penelitian pada permata kumbang scarab milik Raja Tut, kaca tersebut dibuat pada massa peradaban Mesir awal. Kemudian para ilmuwan telah menemukan sebuah daerah di Gurun Sahara yang dimana didalamnya terdapat blok yang misterius bermaterialkan  sampah kaca.

Sebuah ledakan di pasir akan meninggalkan lembaran tipis seperti kaca, namun untuk menciptakan sebuah kaca Mesir itu harus dengan disertai ledakan panas yang lebih panas daripada ledakan atom. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ini merupakan dampak Shoemaker-Levy meledak di atmosfer bumi dan menghasilkan panas dengan suhu 18.000 derajat celcius.

Dengan suhu setinggi itu, pasir bisa dimasak menjadi gelas. Yang paling menarik dari fenomena ini, kaca pasir yang tercipta ini berkorelasi dengan zirkon yang ditemukan di Gurun Sahara. Berdasarkan perhitungan degradasi Zirkon ini, Kaca mesir yang ditemukan menunjukkan kesamaan dengan simulasi yang dilakukan para ilmuwan. Tetap dari semua penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan, tidak ada objek di bumi yang bisa membuat panas seperti itu.

2. Nabya Playa


Gurun Sahara memegang misteri megalit 1.000 tahun lebih tua daripada Stonehenge. Situs yang diberi nama Nabya Playa ini adalah sebuah situs kuno yang terdiri dari cincin batu berdiri dengan lima baris lempeng batu tegak dan runtuh yang kemungkinan merupakan penanda sebuah makam.

Berat batu-batu tersebut beberapa ton dan memiliki tinggi sekitar 2,7Mtr, diperkirakan dibangun sekitar 6.000 s.d 6.500 tahun yang lalu. Jika dilihat dari foto-foto satelit, salah satu baris menunjuk kearah timur ke barat. Ada juga lempengan batu tertentu yang berada dalam lingkaran berbaris diarah utara-selatan. 

Batu-batu ini seperti menandai titik balik matahari musim panas dan musim hujan. Situs Nabya Playa ini dibangun di tepi danau dan sebagian terendam selama musim panas dan musim gugur. Pada situs ini ditemukan kuburan ternak dan  barang-barang sehari-hari , tetapi tidak ditemukan adanya sisa sisa manusia.

3. Spesies yang tak diketahui 


Kapak tangan Oldowan yang ditemukan di Kenya, menunjukkan bahwa manusia purba menggunakan alat-alat batu ini hampir 2 juta tahun yang lalu.

Alat batu buatan tangan tertua yang pernah ditemukan telah ditemukan di padang pasir tandus Kenya. Penemuan tahun 2011 ini bisa menggoyahkan keyakinan selama ini bahwa produksi alat kuno terjadi hanya dalam spesies yang berkaitan dengan manusia modern.

149 Artefak batu yang di buat dengan teknik "knapping" yang bearti menajamkan tepi batu setajam pisau cukur. Diperkirakan hanya spesies humanoid yang tidak teridentifikasi ini yang memliki kemampuan teknik seperti itu.

4. Lingkaran Peri 


Pada gurun di Zamibia, jutaan lingkaran yang misterius memenuhi permukaannya. Sekeliling lingkaran dilapisi dengan rumput yang tumbuh setinggi lutut, tetapi uniknya rumput ini tidak tumbuh dalam lingkaran tersebut meskipun tanah tersebut telah diberikan pupuk.

Misteri seputar asal-usul lingkaran peri ini masih sekarang menjadi pertanyaan besar bagi para ilmuwan. Yang uniknya, sebagian besar lingkaran peri ini muncul dan membentang sepanjang 1.800Km dari Gurun Namibia ke Provinsi Cape di Afrika Selatan. Ditambah lagi lingkaran peri ini seperti tersusun secara sistematis dan tidak pernah tumpang tindih meskipun mereka dapat meluas hungga 20Meter dan memiliki umur hingga 75tahun.

5. Makam Aneh


Di lembah para raja, yang didalamnya terdapat sisa-sisa Raja Tutankhamun terkubur sebuah misteri yang sudah berumur hampir 3.000 tahun. Sebuah ruang batu yang terbuat dari kapur tidak sengaja ditemukan dibawah gubuk pekerja kuno. Didalamnya terdapat 28 guci besar dan 7 peti mati.

Semua peti mati yang ditemukan berada dalam keadaan tersegel. Beberapa dihiasi dengan dengan warna kuning, tetapi dalam peti matinya tidak ada muminya. Melainkan peti mait dan gucinya di isi dengan potongan-potongan tembikar, batu, segel lumpur, kain, kayu, dan natron, bubuk yang digunakan untuk mengeringkan tubuh yang mati. Salah satu peti mati bahkan memiliki peti mati lain di dalamnya.

Banyak spekulasi bahwa ini merupakan pemakaman palsu yang sengaja dibuat untuk menipu para pencuri makam. Tetapi herannya ruangan ini merupakan satu-satunya ruangan yang tidak pernah dijarah oleh para pencuri makam.

Bahkan ada teori yang mengatakan bahwa ruangan itu adalah merupakan puing-puing dari studio pembalseman. Dan ada juga yang berani berkomentar bahwa jika memang ruangan itu merupakan makam palsu, seharusnya ada prasasti kerajaan, nama-nama bangsawan dan barang-barang berharga didalamnya


Sumber : verseofuniverse.blogspot.com



0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net