Wednesday, October 12, 2016

10 Misteri Padang Pasir (2)

CERITA KEHIDUPAN



Menyambung artikel sebelumnya : Ini 10 Misteri Padang Pasir Yang Belum Terpecahkan !!! (1), berikut ini adalah kelanjutannya :

6. Reruntuhan Suriah


Ditemukan sebuah reruntuhan di padang pasir Suriah yang diperkirakan berumur lebih tua daripada piramida yang ada di Mesir. Reruntuhan tersebut adalah sisa-sisa terakhir dari kota misterius yang pernah ada dan diberi nama Damaskus.

Pada tahun 2009, seorang arkeolog bernama Robert Mason sedang melakukan penelitian terhadap sebuah biara Suriah yang dibangun pada abad ke4 s/d 5. Pada saat itu, dia melihat sesuatu yang tidak biasa yaitu sebuah formasi berdinding yang disebut dengan "layang-layang gurun". 

Formasi berdinding lebih menyerupai sebuah perangkap yang disusun untuk mengurung rusa ataupun hewan lainnya kedalam sebuah daerah dimana mereka dapat mudah dibunuh. Potongan alat batu yang ditemukan di situs ini, kira kira berumur 6.000 s/d 10.000 tahun SM.

Piramida agung Giza yang diyakini dibangun sekitar 4.500 tahun yang lalu. Sampai saat ini, belum diketahui siapa pembangun kota ini dan kenapa mereka meninggalkan kota ini. Ditambah lagi perang dan konflik yang sering terjadi diwilayah ini, menjadikan situs ini berbahaya untuk diselidiki lebih lanjut.

7. Four Corners Gas


The Four Corners adalah sebutan untuk daerah dimana Colorado, New Mexico, Arizona dan Utah bertemu. Wilayah gurun Four Corner berisikan bentangan alam yang indah seperti Shiprock yang ada di New Mexico. 

Gurun ini merupakan sebuah situs gumpalan anomali yang mengandung metana tingkat tinggi. Pada tahun 2003, sebuah satelit yang digunakan untuk mengukur jumlah metana diatas awan menemukan bahwa didaerah ini ada sesuatu yang melepaskan jumlah metana yang cukup besar. 

Jumlahnya sebesar 10% dari emisi tahunan metana yang ada di Amerika Serikat. Kejadian in berlangsung selama 6 tahun dan kemudian berhenti secara misterius seperti dia muncul pertama kali.

8. Seni Laba-Laba


Sebuah karya seni yang unik ditemukan di padang pasir barat Mesir. Sebuah lembaran batu pasir di Kharga Oasis yang berjarak 175Km dari barat kota Luxor menggambarkan sebuah seni batu laba-laba yang dikenal dari Dunia Lama.

Kenapa dikatakan sebagai seni batu laba-laba ? Karena panel yang ditemukan ini menggambarkan apa yang menyerupai jaring, laba-laba dan mangsa yang terjerat. Para peneliti sejarah Mesir kuno mempercayai bahawa usia panel ini bisa mencapai 4.0000 SM atau bahkan jauh lebih awal (bahkan Mesir pun belum ada).

Ketika perabadan mulai berkembang, hieroglif laba-laba sangat langka sekali. Sampai sekarang belum diketahu, mengapa seniman dari Dunia Lama menggunakan laba-laba sebagai objek seni mereka. Yang kita tahu pada saat sekarang ini, penemuan itu menunjukkan itulah seni yang cuma satu-satunya yang bisa ditemukan di Mesir dari Dunia Lama sejauh ini.

9. Atacama Nitrat


Charles Darwin pernah menyebutkan bahwa gurun Atacama adalah sebuah tempat dimana tidak ada yang bisa hidup. Kenapa dikarakan begitu ? Gurun yang terletak di Amerika Selatan ini, adalah tempat yang dianggap paling kering di bumi dimana curah hujannya setipa tahunnya tidak mencapai 1milimeter.

Tetapi daerah ini mengandung mineral seperti deposit nutrat dan  yodium terbanyak didunia. Mineral yang diperoleh didaerah ini tidak membutuhkan bakteri sebagai material untuk membentuknya. Namun nitrat yang ada di Acatama ini membentuk jalur berkerak dengan panjang 700Km dan lebar  20Km. 

Adapun spekulasi dari terbentuknya sabuk kolosal nitrat ini adalah bahwa mineral ini terbentuk dengan bantuan "sea spray" atau partikel-partikel aerosol dari Samudera Pasifik yang menyemprot 50Km jauhnya, nitrogen di atsmosfer yang berubah menjadi nitrat dengan mengikat tanah dan garam dan air tanah kuno yang mengandung banyak mineral dipaksa muncul kepermukaan tanah.

10. Lubang-Lubang Pisco


Ditemukan didaerah gersang dekat Pisco Valley, ribuan lubang beebentuk kerucut telah diukir diatas batu oleh orang yang tidak diketahui. Beberapa teori mengatakan bahwa lubang-lubang ini merupakan tempat penyimpanan biji-bijian ataupun kuburan dari suku misterius yang pernah berada disana.

Menurut perkiraan, ada sekitar 6.900 lubang dengan kedalaman 2Meter yang dipahatkan ke daerah pegunungan dengan bentuk barisan sepanjang 1,5Km dan lebar 20Mtr. 

Inilah 10 Misteri Gurun Pasir yang belum terpecahkan sampai saat ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih sudah membaca dan ditunggu komentarnya :)



Sumber : verseofuniverse.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net